Manfaat Kuliah PTI

Manfaat Mata Kuliah PTI dalam Proses Pembelajaran

 Gambar

Awal memasuki semester dua merupakan suatu kebanggaan, karena dapat melangkah lebih maju lagi ke gerbang akhir PPs STKIP Garut ini. Setelah proses perkuliahan berlangsung dan menerima mata kuliah baru, ada beberapa sensasi yang penulis rasakan. Di satu sisi, penulis mulai merasakan naik level dan kadar tugas yang bejubel. Sehingga beban pun bertambah, dan penulis mesti pandai mengatur waktu meskipun sering keteteran dengan berbagai tugasdi  kampus, di sekolah, dan di rumah. Di sisi lain, penulis merasa senang karena mendapatkan sesuatu yang baru yang benar-benar masuk dan mengenal dunia Teknologi Pembelajaran.  Khususnya Mata kuliah PTI.

Penulis senang ketika pertamakali masuk kuliah PTI ini, karena proses pembelajaran yang disajikan oleh Dosennya menarik, apalagi disuguhkan dengan menggunakan Multimedia Interaktif dalam penyampaian materinya. Dan dalam hati pun berkata “aku ingin membuat media pembelajaran seperti ini dan anak didikpun pasti akan merasa senang dan antusias”. Pada akhir pertemuan pertama, penulis dan teman-teman yang lainnya merasa shock ketika dipampangkan tugas yang harus kita lakukan, tetapi seiring berjalannya waktu dapat teratasi dengan baik, meskipun banyak sekali hambatannya.

Penulis merasakan banyak manfaat dan hal-hal baru setelah perkuliahan PTI ini. Penulis lebih banyak mengenal media dan multimedia yang dapat digunakan oleh penulis, sebagai seorang pengajar untuk menyajikan materi kepada peserta didik di kelas. Penulis pun mulai menerapkannya dalam proses belajar-mengajar di kelas. Pertamakalinya dengan menyajikan evaluasi dengan menggunakan wondersharequiz/quizcreator . Melihat antusias para siswa dengan sajian yang baru mereka dapatkan, mereka pun merasa senang. Dan penulis pun selalu menggunakan multimedia interaktif ketika proses pembelajran berlangsung, itu pun kalau projector-nya tidak dipakai oleh guru lain. Selain itu yang manfaat yang dirasakan oleh penulis dalam pembelajaran adalah M-Learning. Ketika peserta didik disuruh membawa handphone dan belajar melalui handphone mereka sangat tertarik sekali. Karena merekapun dapat mengulangnya di rumah, atau dimanapun mereka berada. Untuk penulis pribadipun, hal itu tentunya mendapatkan keuntungan tersendiri, ketika pembelajaran sudah habis, dan peserta didik ada yang masih kurang faham tentang materi yang diberikan. Maka siswa tersebut dapat mengulangnya di rumah melalui hadphone-nya. Kemudia, tugas yang diberikanpun dapat penulis sisipkan dalam pembelajaran menggunakan handphone.

Manfaat di atas mungkin lebih kepada hal-hal teknis dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Adapun manfaat yang lainnya adalah, kemampuan penulis dalam menguasai IT lebih meningkat lagi. Penulispun sharing dengan rekan kerja di sekolah untuk meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan media yang ada atau multimedia yang tersedia di sekolah. Menurut penulis,  mata kuliah PTI ini sangat penting, karena merupakan salah satu inti dari dunia Teknologi Pembelajaran. Dan membantu ke depannya untuk menggunakan multimedia atau media yang diberikan sebagai salahsatu media yang akan dipakai untuk judul penelitian tesis. Apalagi kalau penulis dapat menghasilkan produk untuk dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran yang penulis ampu, yaitu bahasa Inggris.

Dari beberapa paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat dari mata kuliah PTI ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberi stimulus dan memotivasi siswa  dalam pembelajaran dengan menggunakan media/multimedia berbasis teknologi agar lebih memahami terhadap materi yang disampaikan guru
  2. Memberi stimulus dan memotivasi siswa  dalam pembelajaran dengan menggunakan media/multimedia berbasis teknologi supaya siswa lebih berminat lagi untuk belajar dan berprestasi
  3. Efektif dan efisien dalam proses mengajar-dan belajar di dalam kelas
  4. Dengan menggunakan multimedia, menjadikan kelas atau proses pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan
  5. Kinerja dan Soft-skill penulis sendiri meningkat dan  bertambah.

Demikianlah hal-hal positif atau manfaat yang dirasakan penulis tentang Mata Kuliah PTI berefek pada proses pembelajaran dan pengembangan diri sendiri penulis.

 

Leave a comment