posting e-book

Manfaat e-booke-book

Gambar

“gaptek” dan “lelet” menjadi kata yang paling tidak enak disematkankan kepada mannusia jaman sekarang. Karena pesatnya perkembangan IT hari ini menjauhkan kita dari ketertinggalan dan menjadikan kita sebagai manusia yang serba cepat dalam semua bidang. Termasuk dalam ranah pendidikan. Salah satu contoh perkembangan IT yaitu dengan adanya elektronik book atau disingkat e-book.

Kenapa e-book? Karena e-book yang sifsatnya fleksibel dan praktis, dijadikan sebagai salah satu media sumber belajar pengganti dari buku teks/buku meteri ajar yang dapat dikatakan “merepotkan” ketika dibawa ke mana-mana. Sehingga peserta didik tidak usah merassa terbebani dengan banyak dan beratnya buku-buku teks yang diberikan oleh sekolah.

Selain itu, dilihat dari segi kefesienan dan keefektifan banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan adanya e-book. Bentuknya yang digital, e-book mudah mobile ke mana-mana,  dibuka dimana-mana, dan kapan saja menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi siswa. Sehingga proses pembelajaran akan terus berlangsung. Kemudian cara mendapatkan e-book pun didapat dengan mudah, hanya dengan mendowloadnya, e-book apapun yang kita perlukan tersedia dengan menggunakan internet sebagai media tambahan untuk mengunduhnya. Hal ini memberikan banyak pilihan bagi siswa untuk mengoleksi dan menambah buku rujukan/referensi untuk pelajarannya, sehingga tidak hanya memiliki satu buku sumber, tetapi ditunjang dengan adanya e-book yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dan harapannya adalah akan adanya peningkatan dan penambahan dalam segi pengetahuannya, keterampilannya, kinerja guru dalam mengajar dan  meningkatkan kinerja siswa dalam belajar. Siswa pun dapat mengontrol cara belajarnya, dimana siswa dapat mengulang pembelajarannya dengan “sesukanya”. Ketika sudah mengerti dapat merujuk lagi ke lain buku, atau sebaliknya, ketika belum mengerti, siswa dapt mengulang membaca materi berbentuk e-book yang belum dikuasainya di rumah. E-book ini digunanakan dalam berbagai macam media/alat teknologi yang ada. Seperti dalam handphone(smart phone), Personal Computer, netbook, atau gadget lainnya yang memungkinkan dapat membuka e-book. Dan masih banyak sekali manfaat dari e-book ini.

Disamping manfaat, ada juga hal-hal yang merugikan dari adanya e-book. Pertama, tidak semua siswa dapat mendapatkan e-book, dikarenakan tidak meratanya kepemilikan gadget maka hanya sebagian siswa saja yang dapat  mendownload dan menikmatinya.  Karena sifatnya yang digital, maka sangat memnungkinkan sekali adanya pembajakan yang dilakukan oleh orang=orang yang tidak bertanggungjawab.

 

 

Leave a comment