Tugas Posting M-Learning

Memamanfaatkan Mobile-Learning dalam Pembelajaran Mandiri Siswa

 

Seluruh aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Banyak sekali alat-alat teknologi canggih sekarang ini yang beredar di masyarakat hasil dari inovasi alat-alat teknologi sebelumnya. Salah satu contohya adalah handphone/cellphone yang mengalami beberapa perubahan dari tahun ke tahun sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman yang semakin canggih pula.

Terbukti dengan maraknya gadget yang bererdar di masyarkat sekarang ini, contohnya ipad, iphone, Pctablet, handphone sampai pada Smartphone yang sedang trend saat ini seperti Android dan blackberry, yang digandrungi oleh banyak orang  karena dimanjakan oleh fitur dan aplikasi yang menarik, terutama dengan banyaknya manfaat yang dapat digunakan oleh penggunanya. Seperti selain berfungsi untuk alat komunikasi (telepon dan sms) smartphone juga dapat mengakses internet, menyimpan data, memutar musik, memutar video,  mengambil gambar, game, aplikasi e-book, aplikasi kamus, dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang tersedia dalam smartphone itu. Beberapa tahun terakhir, banyak hanphone yang digunakan sebagai sarana pembelajaran, apalagi smartphone yang ditunjang dengan banyak fungsi dan aplikasi. Tidak hanya handphone atu smartphon, tetapi gadget-gadget yang disebutkan di atas pun dapat dipakai sebagai alat pembelajaran.

Gambar

Pembelajaran dengan menggunakan handphone atau alat-alat teknologi yang memanfaatkan mobilitas perangkat handled/ mobile dapat disebut dengan Mobile Learning atau dikenal dengan M-Learning. M-Learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu ada juga yang menyatakan m-learning adalah pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi bergerak. Jadi m-learning adalah alat teknologi yang dapat dibawa kemana-mana  digunakan untuk pembelajaran, tanpa mengenal waktu, kapan dan dimana saja.

Dengan adanya m-learniing maka pemelajaran diharapkan akan terus berproses setiap saat, karena hampir semua siswa sekarang memiliki handphone minimalnya yang dapat digunakan untuk pembelajran. Handphone mudah dibawa kemana-mana, sehingga tidak terpatok oeh waktu dan ruang untuk menciptakan pembelajaran. Dengan keefisienan m-learning, yang sangat fleksibel, terjangkau semua orang, siswa dapat belajar atau mereview  pembelajaran yang telah disampaikan gurunya di rumah, di Pasar, di tempat olahraga, atau dimanapun Ia berada. Tidak hanya itu, m-learning dapat meningkatkan minat dan kemandirian siswa dalam belajar. Karena dengan tampilan yang disajikan secara menarik oleh guru, sehingga peserta didik tertarik untuk belajar sendiri dengan menggunakan hndphne atau gadjet nya sendiri. Apalagi untuk siswa yang memiliki daya tangkap kurang, akan menjadi sebuah solusi belajarnya ketika memanfaatkan  m-learning .

 

Leave a comment