perawatan komputer (software dan hardware)

 

 

 

 

Perawatan komputer Gambar

 

Untuk menjaga barang-barang kita agar tetap baik dan terpakai/tahan lama, maka diperlukan perawatan yang intensif secara berkala dan benar agar barang yang kita miliki dapat terpakai/tahan lama. Seperti barang-barang elektronik yag ada di rumah, khususnya komputer.

Komputer sangat perlu sekali mendapat perawatan dari pemiliknya. Karena komputer sangat rentan sekali rusak (meskipun memang seluruh barang elektronik  khusunya elektronik pasti akan ada waktunya rusak). Apalagi kalau digunakan secara terus menerus oleh user-nya. Oleh karena itu, maka penggunalah yang harus menyadari akan perlunya perawatan dan pemakaian komputer secara benar.

Perawatan komputer terbagi ke dalam dua cara. Pertama perawatan secara hardware (perangkat keras) dan perawatan secara software (perangkat lunak). Selain harus mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika sedang perawatan hardware, kita juga perlu memperhatikan perawatan secara software.

  1. Perawatan secara hardware

Ketahanan setiap komputer memiliki kapasitas dan kualitas yang berbeda-beda. Sebagus, semahal apapun komputer atau merk komputer yang kita pakai, tetap saja tergantung perawatan dari si penggunanya sendiri.

Seperti menggunakan UPS atau stabilizer untuk menyeimbangkan dn menstabilkan tegangan listrik yang akan digunakan. Menggunakan fan cooler ketika menggunakan netbook/noebook/laptop. Seperti menurut Setiawan (2005;335) untuk mengamankan komputer dari faktor perangkat keras, sebaiknya menggunakan fan (kipas) di dalam CPU, terutama di dalam Processor. Selain itu, jika ingin mengganti atau mengubah ROM, sebaiknya dikerjakan dengan hati-hati dan benar atau pasangkanlah oleh ahlinya. Perhatikan juga cara mengisi batere lapto/netbook harus sesuai prosedur yang dianjurkan. Masukanlah terlebih dahulu kabelnya,kemudian hubungkan dengan listrik. Jangan sekali-kali mengisi/mencabut kabel setelah pengisian batere langsung terhadap netbook/laptopnya. Bersihkan permukaan-permukaan netbook/laptop yang kotor menggunakan benda yang halus/menggunakan cleaner laptop/netbook. Jauhkan dari sinar matahari, air, dan benda magnetik yang akan merusak komponen komputer di dalamya. Agar lebih paham dan mendapatkan informasi tentang penggunaan dan perawatan untuk komputer/netbook/laptop, sebelum digunakan baca terlebih dahulu buku petunjuk penggunaan bawaan dari laptop/komputer/netbooknya. Biasanya terdapat petunjuk dan tips pengunaan komputer dengan baik dan benar. Atau untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang perawatan komputer secara hardware, banyak tersedia buku-buku tentang perawatan komputer di toko buku ataupun dapat dicari di internet.

  1. Perawatan Secara Software

Selain perawatan komputer dari faktor perangkat keras, perawatan komputer secara software pun tidak kalah pentingnya. Untuk mengamankan komputer dari gangguan yang disebabkan perangkat lunak, maka perawatannya pun menggunakan perangkat lunak juga. Seperti untuk mengamankan dan merawat komputer dari serangan virus. Virus perlu dihilangkan menggunakan antiVirus lagi. Banyak anti virus yang tersedia secara free dan premium. Contoh antivirus yang tersedia seperti : McAfee, PcCillin, Norton AntiVirus, Dr Solomon, Avira, AVG, SmadAv, dan lain-lain.

Menurut Setiawan (2009;119), AVG merupakan software antivirus yang memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Selain itu, AVG dapat mengupdate dirinya sendiri secara otomatis selama komputer terhubung dengan internet atau dengan men-download update yang terbarunya. Gambar

Contoh lain antivirus adalah Avira Antivir Personal, masih menurut Setiawan (2009;124) avira antivi personal adalah salah satu antivirus yang tergolong mamp dalam menangani berbagai macam virus, baik virus lokal maupun virus luar.

Gambar

Selain dari antivirus, perawatan komputer secara software juga dapat dilakukan dengan cara  menata file dan sistem Windows yang berantakan dengan program Smart Defdrag. Dengan melakukan defrag secar teratur akan mengoptimalkan kinerja komputer kita. Kelebihan Smart Defdrag dibandingkan Disk Defdragent milik Windows adalah Smart Defdrag prosesnya lebih cepat dan lebih detail. Ada satu lagi software yang dapat digunakan sebagai software perawatan untuk komputer kita, yaitu Ccleaner. 

Gambar

Ccleaner merupakan sebuah proram yang digunakan untuk membersihkan komputer kita dari file-file temporary dan junk/sampah, menghapus cookie dan chace, juga menghapus registry yang tidak terpakai. Sehingga memory yang tersedia dapat digunakan oleh data-data lainnya dan komputer kita akan selamat dari data-data atau file-file sampah yang berada di komputer kita. Gambar

 

 

 

 

Buku sumber :

  1. Kurniawan, Dedik. 2009.  Pengantar Sistem Komputer. Informatika, Bandung.
  2. Rozi, Zaenal A. 2008. 101 Tip & Trik Internet. Elex Media Komputindo, Jakarta.
  3. Sanjaya, R dan Setyawan, Ferdy. 2010. 101+Solusi Ahli Komputer. C.V ANDI, Yogyakarta.

 

Leave a comment