Jawaban UTS TI

 

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

PROGRAM PASCASARJANA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN GARUT

 

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER

Devi Anggraeni

12862005

II / A

  1. I.              TEKNOLOGI INFORMASIGambar

 

  1. 1.        Definisi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang serba canggih, perkembangan informasipun turut serta berkembang. Sehingga perkembangn keduanyapun tidak dapat dipisahkan dan dikenal dengan nama Teknologi informasi (TI).

Adapun pengertian Teknologi Informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecapatan tinggi yang membawa data, suara dan video. Sedangkan menurut para ahli diantaranya Haag dan Ken, menyebutkan bahwa pengertian Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang mampu membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan teknologi Informasi. Jadi, berdasarkan dua pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan Teknologi Informasi (TI) adalah pengolahan informasi dengan memanfaatkan mesin/teknologi dan enggabungkannya dengan alat komunikasi/teknologi yang lainnya sehingga menghasilkan sebuah informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dengan adanya TI dapat membantu kita bekerja secara efektif dan efisien dikarenakan dengan ketersediaan informasi yang didapat secara cepat, mudah, banyak dan ekonomis. Maka membantu pekerjaan kita dengan cepat dan mudah juga.

 

  1. 2.      Perkembangan Teknologi Informasi :
    1. Terdapat 4 perkembangan TI :
      1. Era Komputerisasi : Perkembangannya sekitar tahun 1960-an, pertama kalinya diperkenalkan mini komputer.
      2. Era Teknologi Informasi : Perkembnagannya sekitar tahun 1970-an, Petama kali Personal Compter dienalkan dan dipergunakan di peruasahaan untuk mengembangkan bisnisnya dan berkompetisi dengan perusahaan yang lain.
      3. Era Manajemen perubahan : Perkembangannya pada awal tahun 1980-an, ketika manajemen organisai modern mulai diterapkan diberbagai aspek perusahaan. Contohnya : Administrasi, Informasi, dll.
      4. Era Globalisasi Informasi : Permulaanyya pada tahun 1990-an, ditandai dengan kemunculan internet.

 

  1. 3.        Pengelompokan Teknologi Informasi

Pengelompokan TI dibagi dalam beberapa bidang, yakni :

  1. Teknologi Komunikasi,
  2. Teknologi perangkat lunak,
  3. Teknologi masukan,
  4. Teknologi keluaran,
  5. Teknologi penyimpanan,
  6. Teknologi mesin proses.
    1. 4.        Komponen teknologi informasi

Komponen Teknologi informasi diantaranya adalah:

  1. Perangkat keras,
  2. Perangkat lunak, dan
  3. Brain ware.
  4. 5.        Klasifikasi Teknologi Informasi :

Pengklasifikasian TI dapat ditinjau dari beberapa aspek diantaranya :

  1. a.      Menurut fungsi sistem

Embedded IT sistem adalah sistem TI yang melekat pada produk lain. Jadi penggabungan antara TI dan Sensor lampu merah.

Dedicated IT sistem adalah sistem teknologi yang dirancang untuk melakukan tugas khusus. Misalkan adanya IT diperusahaan-perusahaan tertentu atau digunakan di instansi-instansi pemeritahan.

General Purpose IT adalah sistem TI yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas umum, seperti sistem PC yang dapat digunakan serbaguna.

  1. b.      Menurut Ukuran
    1. Informasi yang dapat ditampung,
    2. Kemampuan soistem yang ditawarkan
    3. Kecepatan pemroses
    4. Jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan
    5. 6.        Peran teknologi informasi :

Peranan TI adalah adalah untuk mempermudah segala bidang pekerjaan yang dikerjakan.

  1. Efisiensi artinya menggantikan peran manusia dengan teknologi informasi sehingga memudahkan pekerjaan dan mempercepat pekerjaan.
  2. Efektivitas adalah sistem informasi ini digunakan oleh pimpinan untuk pengambilan keputusan yang lebuh efektif berdasarkan infornmasi yang akurat, tepat waktu, relevan, mudah , murah dan handal.
  3. Komunikasi untuk memudahkan komunikasi dan mempercepat pengambilan keputusan dapat digunakan email atau telekonference.
  4. Kompeteitif artinya digunakan untuk meningkatkan daya saing organisasi dalam era persaingan yang semakin ketat.
    1. 7.        Manfaat Teknologi Informasi :

Manfaat TI sangat baynak sekali. Dengan adanya TI mempermudah dan membatu kita dalam berbagai aspek kehidupan kita. Apalagi dalam hal mendapatkan informasi dan membagi informasi. Berkomunikasi dengan orang lain, seerta berhubungan dengan pendidikan, manfaat TI diantaranya : mempermudah siswa dan duru dalam mendapatkan informasi sekolah, materi, data sekolah, data siswa, atau pun dapat berdiskusi dengan orang banyak melalui Internet.

Adapun penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

 

  1. II.           KOMPUTERGambar
    1. 1.    Pengertian komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling kerjasama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk malaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam melaksanakan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).

  1. 2.    Sistem Komputer

serangkaian yang berbentuk sistem komputer untuk mengolah data . sistem yaitu kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.

  1. 3.    Kaitan komputer dengan dunia pendidikan :

Kaitan komputer dengan dunia pendidikan hari ini tidak dapat dipisahkan, karena pemanfaatan komputer sangat berperan penting sekali. Seperti halnya dengan pengolahan data siswa, data Pendidiknya, juga penggunaan dan pemanfaatan komputer dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan komputer di kelas membantu guru dalam menyampaikan materi yang sulit, sukar di jangaku, mahal dan rumit. Dengan adanya komputer guru dengan mudah menyampaikan materi yang sulit dengan dihubungkan dengan internet dapat mengakses materi yang sulit. Sehingga pembelajaran diharapkan dapat tercapai.

 

  1. III.        HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
    1. 1.  Pengertian Perangkat Keras

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

  1. 2.  Contoh perangkat keras : Barcode reader, mouse, printer, scanner, speaker, dll.
  2. 3.  Kegunaan perangkat keras

Pengertian Barcode dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda sesuai dengan isi kodenya. Barcode adalah informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. Barcode dibaca dengan menggunakan sebuah alat baca barcode atau lebih dikenal dengan Barcode Scanner. Pemanfaatannya biasanya dilakukan di supermarket, perpustakaan, dll.

 

 

  1. IV.        SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)Gambar
    1. 1.     Pengertian perangkat Lunak

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Pengertian software komputer atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Tanpa ada perangkat keras dan pengguna, semua itu tidak dapat digunakan.

 

  1. 2.     Contoh software : winamp, Microsoft Office, macromedia, MPC (Music Media Player), Nero, Any Audio Converter, dll.
  2. 3.     Kegunaannya

Kegunaan dari Winamp adalah kita dapat memutar music yang kita sukai, disamping itu, untuk memutar video juga bisa. Kemudian dengan adanya MiniLyrics kita dapat mendengarkan lagu sambil melihat teks nya, apalgi kaau bahasa ingris bisa sambil belajar cara pengucapan bahasa ingris yag baik dengan mendengarkan lagu dan melihat teksnya/liriknya.

 

 

  1. V.           MULTIMEDIA
    1. 1.    Pengertian multimedia

Multimedia dapat diartikan sebagai penggabungan beberapa media yang berbeda. Unsur yang diabungkannya memiliki unsur teks, gambar, audio, grafik, suara, animasi, dan video. Multimedia juga dapat dikatakan sebagai presentasi materi denga menggunakan kata-kata yang disajikan dalam bentuk verbal. Kata merupakan materi dam bentuk gambar, seperti grafik statis (foto, grafik) dan bentuk dinamis (animasi, video).

  1. Kaitan multimedia dengan Pembelajaran :

Kaitan multimedia dengan pembelajaran adalah saling keterkaitan. Pembeajaran pada era ini sangat bergantung sekali terhadap multimedia. Dengan menggunakan multimedia interaktif, diharapkan pembelajaran dapat berjaan dengan efektif dan efisien. Manfaat lain lagi yaitu minat siswa akan terpacu dengan tampilan/penyajian guru yang menarik dengan adanya suara, animasi, video, gambar, dll. Sehingga siswa merassa senang untuk beljar.

 

  1. VI.        INTERNET
    1. 1.        Pengertian Internet :

Internet adalah sebuah jaringan yang dapat menghubungkan seluruh komputer dengan tanpa batas dengan bantuan alat penangkap signal Jaringan komputer yang dapat saling terhubung ke seluruh penjuru dunia. Dalam jaringan internet dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.  Sehingga semua informasi atau data yang kita buthkan ada di dalamnya. Teks, video, music, data, grafis, dll semua dapat kita dapatkan di internet.

  1. 2.        Kaitan internet dengan Pembelajaran

Kaitan internet dengan pembelajaran adalah pemanfaatannya atau dapat dikatakan sebagai salah satu pusat sumber beljar. Dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan ditunjang adanya internet maka siswa dapat mendapatkan materi atau informasi tentang materi yang dibutuhkan dapat digunakan engan ekonomis, efektif, dan efisien. Begitupun dengan guru, dengan adanya internet guru dapat menambah referensi untuk materi pembelajaran dikelas. Kemudian untuk mahasiswa dan dosen, dapat saling berkomunikasi dengan jarak jauh dan berbagi informasi dengan orang lain di seluruh dunia. Bertukar informasi yang ter-update pun dapat kita dapatkan dengan adanya internet, maka kita tidak akan ketinggalan informasi dengan pemanfaatan internet sebagai salah satu pusat sumber belajar.

 

Leave a comment