Tugas Posting Internet dan Profesiku

Gambar

Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar

Seiring perkembangan dunia teknologi hari ini, dunia pendidikan pun turut serta mengalami perubahan dan perkembangan. Baik itu dari segi administrasi, keilmuan, kurikulum, metode, media, kebijakan pemerintah dibidang pendidikan, dan sebagainya. Peranan teknologi yang sering digunakan oleh semua kalangan dunia pendidikan saat ini adalah memanfaatkan media komputer, laptop, netbook, internet, dan masih banyak gadget lainnya.

Dalam keseharianku, baik sebagai seorang pelaku pendidikan, ataupun diluar  dunia pendidikan, tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi. Di luar pendidikan, penulis mengggunakan handphone, internet, televisi, dan teknologi lainnya yang sering digunakan. Adapun pemanfaatan menggunakan laptop dan internet adalah  pemanfaatan yang paling sering digunakan dalam profesi penulis sebagai seorang pendidik.

Penulis sering menggunakan dan memanfaatkan media berbasis teknologi dalam pembelajarannya. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan media berbasis komputer dapat mempermudah hal-hal yang sulit di jelaskan, memudahkan dalam penyampaian materi, memberi stimulus, menumbuhkan minat dan semangat belajar kepada siswa. Seperti yang dikemukakan oleh Warsita, (2002:137)  “media pembelajaran berbasis komputer, atau sering disebut Computer Assistance Instructional/CAI, adalah salah satu media pembelajaran yang sangat menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.” Berpijak pada pernyataan tersebut, penulis mencoba menggunakan media berbasis teknologi dalam setiap proses belajar-mengajar. Seperti  menayangkan sebuah video percakapan bahasa Inggris kepada peserta didik yang sesuai dengan materi pelajaran yang berkaitan, hal itu dilakukan supaya peserta didik mendengarkan percakapan langsung orang luar negeri (native speaker) berbicara dan peserta didikpun mampu menirukan cara pengucapan yang benar dan cara bagaimana mengungkapkan kalimat atau kata mendekati kepada native speaker-nya. Hal itu sangat membentu penulis dalam  pembelajaran, karena untuk mendatangkan “bule” secara langsung, sulit. Oleh sebab  itu, dengan menggunakan video tersebut, dapat menyajikan proses pembelajaran  yang akan menarik dan tujuan pembelajaran tercapai. Sehingga hambatan untuk meniru orang luar negeri berbicara langsung dapat teratasi dengan mudah dengan biaya ekonomis. Video percakapan itu didapatkan penulis dengan memanfaatkan layanan internet, yaitu download di situs youtube.

Kemudian hal itu menimbulkan harapan penulis agar proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik minat siswa untuk belajar, sehingga keaaktifan peserta didik akan menciptakan suasana belajar yang  lebih  interaktif . Serta tujuan pembelajaran pun akan lebih cepat dicapai.

Selain mendapatkan video percakapan berbahasa Inggris, penulispun memenfaatkan mendapatkan materi, gambar, animasi, atau conversation in English untuk pembelajaran yang sesuai dari internet. Di sisi lain, penggunaan internet tidak hanya dimanfaatkan untuk pembelajaran, internet pun penulis manfaatkan untuk menambah ilmu dan  belajar mengaplikasikan bahasa Inggris dengan orang luar , seperti chatting dan saling kirim e-mail. Jadi sangat banyak sekali manfaat dari internet  yang bisa digunakan dalam pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar.

Selain pemanfaatan internet dalam pembelajaran, baik itu mendapatkan materi atau informasi yang dibutuhkan, penulispun mempunyai pekerjaan tambahan menjadi seorang operator sekolah yang tergantung sekali terhadap internet. Hal tersebut disebabkan dengan diluncurkannya program sistem DAPODIK (Data Pokok Pendidikan). Dapodik merupakan Pendataan yang dilakukan untuk seluruh entitas data pokok pendidikan yang bersifat individual dan terintegrasi dari 3 entitas data pendidikan (Satuan Pendidikan, PTK dan Peserta Didik) untuk jenjang dasar (SD, SDLB, SMP, SMPLB). Dapodik ini adalah satu-satunya sumber data berskala nasional yang diluncurkan oleh ditjen dikdas. Sehingga semua data dari 3 entitas itu harus di input secara online yang langsung bermuara ke pusat.

Gambar       Gambar

Hal itu berdasarkan Instruksi menteri pendidikan dan kebudayaan  No. 2 tahun 2011 Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan No. 2 Tahun 2011, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas). Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain. Data yang bersifat individual merupakan prasyarat penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kemedikbud dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota maupun satuan pendidikan.

Satu system aplikasi data yang harus diisi seperti DAPODIK, yaitu PADAMU NEGERI. Sistem data PADAMU NEGERI memang tidak jauh berbeda dengan layanan system pendataan DAPODIK. Hanya saja berbeda muara, kalau PADAMU NEGERI pusat data dan informasi berlabuh di BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD (BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN.

Gambar

Baik DAPODIK maupun PADAMU NEGERI, system pengiriman datanya harus online, ini berarti bahwa penulis menggunakan media laptop/komputer dengan menggunakan internet sebagai koneksi untuk mengirim data ke pusatnya. Penulis mengasumsikan bahwa system pendidikan Indonesia secara keseluruhan sudah menuntut supaya semua elemen pendidikan di Indonesia (Guru, PTK, dan peserta didik) harus dapat mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi yang sedang berkembang/trend, serta  memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dengan baik. Hal ini juga mengindkasikan bahwa pendidikan Indonesia mulai meningkatkan kualitasnya, salah satunya dengan cara system pendataan secara online yang langsung terhubung kepada pusat, yaitu KEMDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

 

 

Leave a comment